Selasa, 12 Maret 2013

Cara membuat file SWF menggunakan ADOBE Flash Player Projector


FlashAda banyak aplikasi untuk membuka file SWF tapi kebanyakan aplikasi tersebut ditunjukan untuk membuka file SWT yang bertipe video, sehingga kurang cocok digunakan untuk membuka file SWF yang berupa game dan aplikasi. Selain itu terkadang aplikasi tersebut juga kurang cocok dengan file yang ingin dibuka, biasanya antara suara dan gambar timingnya tidak tepat.
Aplikasi yang paling cocok untuk membuka file flash tentu saja adalah software buatan Adobe sendiri, sayangnya kebanyakan orang hanya tahu tentang Adobe Flash Player yang sebenarnya hanya merupakan plugins pada browser.
Memang Adobe Flash Player tersebut bisa digunakan, namun tetep saja file SWF tersebut dibukanya pada browser seperti Crome, Firefox, atau IE, padahal tidak semua browser dapat dibuka dengan cepat, selain browser juga sebenarnya ditunjukan untuk internetan bukan untuk membuka file.
Selain Adobe Flash Player yang merupakan plugins, sebenarnya Adobe juga menyediakan aplikasi untuk membuka file SWF yang ringan, sederhana, tapi sangat kompatibel dengan semua file. Aplikasi tersebut adalah Adobe Flash Player Projector, sebelumnya aplikasi ini bernama Macromedia Flash Player sebelum akhirnya diakuisisi oleh Adobe. Aplikasi ini memang jarang diketahui karena umumnya diperuntukan bagi pada developer file flash.
Adobe Flash Player Projector
Fungsi aplikasi ini antara lain:
  • Mencoba file flash apakah dapat digunakan pada Adobe Flash Player pada browser atau tidak sebelum siap dipasang pada web
  • Membuat file projector, yaitu merubah file SWF menjadi file EXE sehingga file flash tersebut bisa dibuka secara langsung tanpa harus menggunakan aplikasi apapun.
Dalam penggunaannya, Adobe Flash Player Projector tidak perlu diinstal karena sifatnya portabel selain itu karena aplikasinya ringan dan sederhana, maka Adobe Flash Player Projector sangat cocok digunakan untuk membuka file SWF berupa game dan aplikasi, namun karena tidak ada tombol-tombol untuk fungsi player maka Adobe Flash Player Projector kurang cocok digunakan untuk membuka file SWF yang berupa video.
Ukuran file yang akan Adobe Flash Player Projector adalah sekitar 7 sampai 9 MB, bagi yang ingin mendownloadnya silahkan klik link berikut:

2 komentar:

Entri Populer